Selasa, 13 Maret 2012

RUMAH TRADISIONAL

Orang Lombok mengenal beberapa jenis bengunan tradisional yang dijadikan sebagi tempat tinggal sekaligus tempat penyelenggaraan berbagai kegiatan adat maupun spiritual keagamaan balk untuk kepentingan pribadi maupun kepentingan masyarakat. Adapun jenis jenis bangunan tradisional itu seperti bale jajar, bale beleq, bele kodong dan gunung rata. Dari sekian jenis bangunan tempat tinggal tersebut bale jajar-lah yang banyak dipergunakan baik di kota maupun di desa terutama di pedusunan-pedusunan.

Bale jajar, biasanya bertiang delapan atau dua betas dengan bubungan sepanjang dua meter pada bagian atas yang disebut semoko (bantek), bungus (kuranji). Rumah ini hanya mempunyai satu pintu di bagian depan dan aslinya jarang ada yang berjendela serta terbagi atas tiga buah ruangan. Tiang rumah mi terbuat dari bahan kayu jot, kelapa, nangka, kelapa, dan lain-lain yang dianggap kuat dan bisa bertahan lama yang berfungsi sebagai penopang atau menggambarkan kekuatan. Sedangkan atap terbuat dari ilalang yang diambil di padang rumput yang biasanya terdapat di lereng bukit-bukit di Lombok Timur.

Atap dari ilalang disebut atap re, sedangkan atap yang terbuat dari daun kelapa disebut atap bobok. Tetapi saat ini, karena perkembangan zaman, masyarakat banyak beralih ke atap genting, seng maupun asbes. Dinding rumah adat Lombok Timur pada umumnya dibuat sendiri oleh pemilik rumah dari bahan bambu. Untuk penguat (tali) dan paku terbuat dari bambu tali. Tinggi biasanya dua meter dengan anak tangga lima susun yang terbuat dari tanah.

sumber:dc392.4shared.com/doc/8ub5xRcR/preview.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar